Rabu, 28 November 2018

Melihat Kebaikan Yang Ada Dalam Diri Orang Lain Akan Membawa Kebaikan Untuk Kita

Bagaimana Sih Sikap Hidup Kita Selama Ini?

Terkadang kita mudah dikuasai oleh keinginan pribadi, kepuasan diri, cara berpikir sendiri dan sebagainya.
Kita menutup diri dengan kehadiran orang lain.

Kita tidak mau mendengarkan pendapat mereka, apalagi yang berbeda dengan pendapat kita. Kita menjadi sangat egois, tidak rela melihat kebaikan dan keunggulan orang lain. Hanya ego kita yang ditunjukkan.

Asal Anda tahu?

Sikap ini hanya akan membuat hidup kita menjadi kurang berwarna.

Keberadaan orang lain sangat dipengaruhi oleh cara kita memandang dan menilai mereka. Seringkali kita menilai baik atau buruknya orang lain hanya menurut sudut pandang kita saja, tergantung suasana hati dan selera kita.

Mari Kita Pahami 2 Jenis Cara Penilaian

Ada 2 jenis penilaian terhadap orang lain, antara lain :

1. Penilaian Subjektif
Penilaian subjektif hanya berdasarkan analisa pribadi dan sudut pandang pribadi saja. Penilaian ini bisa mengarah ke sentimen pribadi. Kita dapat memberikan penilaian yang salah meskipun secara objektif itu benar dan bisa dipertanggungjawabkan. Demikian pula kita dapat memberikan penilaian yang benar meskipun secara objektif itu salah.

2. Penilaian Objektif
Penilaian objektif dilakukan atas dasar data, fakta dan bukti yang ada. Penilaian ini dapat mengembangkan kejujuran, kebenaran dan kebaikan yang sebenarnya. Kita harus menilai benar jika memang benar dan menilai salah jika memang salah. Penilaian ini tidak akan mengarahkan kita ke sentimen pribadi.

Lihatlah Kebaikan Orang Lain

Kita cenderung menilai orang lain dengan cara subjektif. Kita sangat mudah melihat kelemahan dan kekurangan mereka, tetapi sangat sulit mengakui keunggulan dan kelebihan mereka. Bahkan, kita dengan mudah menganggap mereka itu musuh atau saingan yang harus dikalahkan dan disingkirkan. Kita selalu curiga dan iri dengan mereka.

Mulai saat ini mari kita merubah cara menilai orang lain dari penilaian subjektif menjadi penilaian objektif. Sehingga diperoleh hasil penilaian yang valid berdasarkan data, fakta dan bukti yang ada.

Kita harus bisa melihat kebaikan dalam diri orang lain. Selalu berpikir positif. Tidak mudah curiga, tidak mudah iri hati dan terbuka untuk mendengarkan pendapat mereka.

Cara Berpikir Positif Menjadikan Hidup Kita Indah

Saat kita mampu melihat kebaikan orang lain dan berpikir positif, secara tidak langsung akan memberikan energi positif bagi diri kita juga bagi orang lain. Sehingga hidup bersama orang lain menjadi indah.

Anda mau memiliki hidup yang indah?

Anda mau energi positif menaungi diri Anda?

Rubahlah cara berpikir Anda menjadi lebih dan lebih positif setiap waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar